Latest Event Updates

Hari ini hari anak

Posted on

bermain

Hari ini seharusnya libur, tapi kenapa aku malah disini. Mungkin hari ini adalah hari yang paling membahagiakan bagi anak-anak. Karena mereka diberi hari khusus yang diperingati pada hari ini. 어린이날 (hari anak) adalah waktu dimana para orang tua diberikan libur sebagai kesempatan untuk bermain bersama anak-anak mereka. Bahkan mulai senin kemarin saya lihat sudah banyak orang tua yang mengajak anak mereka jalan-jalan disekitar taman kampus. Dan hari ini ramai sekali di luar sana, anak-anak terlihat begitu ceria bermain bersama orang tua mereka.

Wajar saja, hampir setiap hari mereka jarang bermain bahkan bertemu dengan orang tua mereka yang sibuk bekerja sampai larut. Hanya pada akhir pekan mereka ada kesempatan bermain, itu pun kalau orang tua mereka tidak kecapekan setelah seminggu bekerja.

3

Anak-anak butuh bermain, terlebih bermain bersama orang tua mereka. Ajak anak-anak bermain, mereka akan belajar dengan sendiri melalui bermain itu, tidak perlu dimasukkan ke berbagai macam kursus atau les yang memaksa mereka belajar daripada bermain. Saya pernah melihat salah satu program televisi, dimana seorang ayah rela cuti hampir setahun lamanya demi bisa bermain bersama anaknya. Masa anak-anak hanya sekali dan tidak terulang lagi. Saya pun kadang pengen jadi anak-anak lagi yang bebas bermain, lari-lari kesana kemari, rasanya tidak ada beban. hehe. Sudahkah anda mengajak anak anda bermain?

 

Gambar diambil dari:

tenasia.hankyung.com dan http://insight.co.kr/

Kesempatan belajar ke Korea melalui beasiswa KGSP

Posted on Updated on

Kembali dibuka pendaftaran salah satu beasiswa dari pemerintah Korea yang lebih dikenal dengan KGSP (Korean Government Scholarship Program) untuk jenjang graduate program. Beasiswa ini diperuntukkan bagi hampir 150 negara dengan kuota yang berbeda-beda. Indonesia sendiri mendapatkan alokasi sekitar 20 mahasiswa. Kemudian ada sekitar 66 universitas yang telah ditunjuk sebagai pilihan studi (*tentu saja tidak bisa milih daftar ke semua univ tersebut hehe).

Bagaimana cara pendaftarannya?

Secara garis besar, proses pendaftaran bisa melalui dua jalur. Pertama adalah melalui kedutaan Korea atau langsung ke salah satu universitas yang ingin dituju (*hanya boleh memilih salah satu jalur saja). Jika memilih mendaftar melalui kedutaan boleh memilih 3 universitas, namun jika langsung ke universitas maka hanya satu pilihan universitas saja yang diperbolehkan.

Kapan batas akhir pendaftarannya?

Beasiswa ini sudah dibuka sejak tanggal 2 Feb – 31 Maret. Ingat!, jika memilih untuk mendaftar langsung ke universitas, batas akhir pendaftaran bisa berbeda-beda. Silahkan periksa sendiri ke masing-masing univ.

Durasi beasiswa berapa lama?

  • Master: 1 tahun program bahasa korea + 2 tahun
  • Doctor: 1 tahun program bahasa korea + 3 tahun
  • catatan: jika mempunyai sertifikat TOPIK minimal level 5, maka dibebaskan dari program bahasa 1 tahun. Sehingga bisa langsung studi master atau doctor.

Mencakup apa saja beasiswa ini?

  • Round-trip economy class ticket
  • Bebas tuition fee
  • Gratis biaya kursus bahasa
  • Tunjangan hidup 900k won per bulan
  • Tunjangan settlement 200k won (hanya dibayarkan sekali ketika anda pertama datang ke Korea)
  • Tunjangan riset sekitar 200k won (tiap semester)
  • Asuransi kesehatan 20k won per bulan
  • Tunjangan tambahan 100k won bagi yang bisa mendapatkan TOPIK level 5

Persyaratan umum beasiswa KGSP

  • Batas usia pendaftar adalah 40 tahun pada 1 September 2015
  • Harus telah memiliki gelar sarjana atau master pada 31 Agustus 2015
  • GPA min 2.64 (skala 4.0)
  • Bagi pendaftar wanita yang sedang hamil tidak diperkenankan mendaftar
  • Pendaftar yang sudah pernah belajar di Korea (S1, S2 atau S3) tidak diperkenankan mendaftar
  • Wajib melakukan tes kesehatan jika lolos seleksi tahap 2
  • Wajib mengikuti program bahasa 1 tahun jika tidak memiliki sertifikat TOPIK min level 5

Kapan pengumumannya?

Daftar kandidat penerima beasiswa akan diumumkan sekitar tanggal 16 Juni 2015. Terbang ke Korea dijadwalkan sekitar tanggal 24-26 Agustus 2015.

Informasi lebih lanjut tentang beasiswa ini bisa dilihat pada link dibawah ini

Selamat berjuang, selamat mencoba. Semoga sukses.
Melangkah saja, biarkan Tuhan yang menentukan akhirnya.

Gambar diambil dari: web.international.ucla.edu

2014 in review

Posted on Updated on

The WordPress.com stats helper monkeys prepared a 2014 annual report for this blog.

Here’s an excerpt:

The concert hall at the Sydney Opera House holds 2,700 people. This blog was viewed about 10,000 times in 2014. If it were a concert at Sydney Opera House, it would take about 4 sold-out performances for that many people to see it.

Click here to see the complete report.

We are one, we are the champion

Posted on Updated on

Ga cocok sama judulnya, isi tulisannya pake bahasa campursari :D.

Waktu saat itu sudah menunjukkan pukul 15:00 dan dua jam lagi acara sudah akan dimulai. Teman sebelah sudah nanyain “budal jam piro?” (berangkat jam berapa?). Belum sempat membalas pesannya, sudah datang rombongan dari desa Miryang (cuma 2 orang sih :D). Tampak begitu semangat mereka, meskipun dari jauh. Mereka mampir ke lab ditemani seorang guru musik kami, teh Yani.

Selepas ashar bareng teman2 Miryang, kami berangkat menyusul yang lain. Dan sesampainya di gedung tempat pertunjukan, teman-teman yang lain sudah pada sibuk berganti kostum dan mempersiapkan diri. Sedikit bocoran, kami tampil dengan berbagai macam pakaian tradisional. Untuk para penyanyi laki-laki dan pemain musik memakai baju surjan, lalu para penyanyi perempuan mengenakan hanbok khas korea. Sedangkan para pemain angklung, termasuk saya sendiri, memakai baju serba hitam, dengan hiasan kain poleng dan udeng-udeng khas bali.

Apa yang akan kita tampilkan? Setelah dirembugkan bareng-bareng, kita bersepakat untuk menampilkan musik, dengan mengenalkan salah satu alat musik tradisional yaitu angklung. Kita akan membawakan medley empat buah lagu. Ada yang berbahasa korea, jawa, bali, dan inggris. Kesemuanya dikemas secara apik menjadi satu penampilkan yang diharapkan akan memukau para penonton. SOFIA (Sound of Indonesia) adalah nama tim kami.

Read the rest of this entry »

Hari ini tampil

Posted on

Masih nanti sore sih tampilnya. Tapi kok sudah dag dig dug rasanya. Semalam sudah gladi resik sampai hampir setengah 9. Pastinya lebih lancar dibandingkan dengan saat pertama kali latihan. Hanya saja tidak semua personil bisa datang, sehingga agak khawatir juga dengan beberapa perubahan kecil. Semoga saja bisa cepat menyesuaikan diri nanti. Dan yang lebih penting, semoga tidak grogi semua, sehingga bisa all out. Let’s rock on the stage this evening.

Khayal dan mimpi

Posted on

dreamy

khayal dalam mimpi hanya semu belaka
bayangan silih berganti menggoda diri ini
biar… biarkan saja semua itu berlalu

kau tinggalkan diriku bersama nada syahdu
rembulan pun tiada bersinar di malam itu
biar… biarkan saja semua itu berlalu

Dinginnya udara dan keadaan antara sadar dan tidak, seringkali membuat diri ini berkhayal (mimpi di siang bolong). Di luar tampak banyak dedaunan berguguran. Sunyi dan senyap suasana membuat diri ini serasa kembali ke masa itu. Mengingat kembali apa dulu yang pernah dilalui, membayangkan setiap detailnya, semakin terasa tampak nyata. Bayang-bayang itu kembali hadir, hadir melalui sapaan.

Mengapa, mengapa harus terjadi? Pertanyaan yang bergelayut di pikiran ini. Semakin kucari jawaban, semakin berkecamuk rasa hati ini. Hmm.. mungkin ini hanya perasaanku saja atau karena terbawa suasana. Biar.. biarkan saja… semua itu berlalu. Aku ingin menutup lembaran itu, menguncinya dengan enkripsi 128^{128} -bit. Algoritmanya secara recursive akan mengenkripsi kata sandinya. Agar engkau aman di salah satu sudut hati ini.

Beberapa hari ini ditemani lagu-lagu dari Ermy Kulit. Suara tante ini memang jozz eh jazz banget.

Gambar diambil dari: deviantart.net

Hammock sleepover

Posted on Updated on

Pernah dengar kata hammock? Kata ini dibaca ˈhamək yang artinya adalah seperti yang terlihat pada gambar di atas, yaitu ayunan tempat tidur. Enak kali ya, tidur di tempat seperti gambar di atas. Angin sepoi-sepoi, lalu ditambah suara deru ombak-ombak kecil. Tapi ga pake kejatuhan buah kelapa.. hehe.

Ternyata ada lho band yang namanya hammock. Tadi sehabis makan malam bareng anggota lab lainnya, iseng-iseng nyari kata hammock. Dan ada yang menggunakan kata itu, sebagai nama band. Sama seperti namanya, band yang terbentuk pada tahun 2005 ini, menyajikan musik-musik relaxing instrumental.

Gimana musiknya, mantap kan? Semoga bisa sedikit mengendurkan keteganggan anda dari rutinitas yang padat, membosankan atau mungkin menjemukan. Tapi jangan sampai kebablasan tertidur. hehe

Cari-cari albumnya ah… hehe.