Suara sunyi

Pernahkah kalian mendengar suara sunyi? Bukan suara jangkrik, burung hantu, atau binatang malam lainnya.. Tapi ya suara sunyi.. suara tanpa nada ataupun irama. Hening. Mungkin susah mendengarkannya karena kita lebih suka yang berirama Dunia makin bising. Banyak suara-suara yang memekikkan telinga. Terlebih jika kalian hidup di kota besar. Bising. Bukan hanya deru mesin yang bikin… Continue reading Suara sunyi

Dibalik pencarian

Empat bulan lamanya, mungkin lebih, saya bergelut dengan makalah ilmiah (paper, journal, thesis). Terkadang jemari ini begitu lincah menekan keyboard bahkan kadang tanpa memandangnya. Ide untuk menulis bisa muncul dimana-mana, bahkan ketika sedang semedi di kamar mandi. Sampai kebawa waktu ibadah atau tiba-tiba muncul di alam mimpi. Ketika buntu, inspirasi pun bisa dicari melalui mesin… Continue reading Dibalik pencarian

Sudahkah anda tertawa hari ini?

Mungkin kalau itu pertanyaannya jawabnya sudah. Entah karena hal-hal sepele ataupun karena sesuatu yang menggembirakan hati. Banyak yang bilang tertawa bisa menghilangkan stress. Tertawa juga menjadi salah satu tanda bahwa kita sedang bahagia. Tapi kalau kebanyakan tertawa sendiri bisa jadi tanda kalau sudah mulai gila.. haha… Segera periksa jika hal ini terjadi dengan anda😀. Teringat… Continue reading Sudahkah anda tertawa hari ini?

Perlukah Hari Santri?

Tiga bulan lamanya saya tidak menulis di blog ini. Alasan klasik, sibuk, penyebabnya hehe. Banyak ide menulis yang akhirnya hanya menguap karena tidak pernah saya tuangkan bahkan dalam coretan buku catatan. Hari ini saya tergelitik untuk kembali menulis setelah pagi tadi secara sembrono saya buka website berita di Indonesia. Saya sudah lama tidak membaca secara… Continue reading Perlukah Hari Santri?

Sinar Jawa

Ramadhan sebentar lagi berlalu, syawal pun menanti. Saatnya mudik ke kampung halaman. Begitulah tradisi yang ajeg dilakukan oleh orang Indonesia. Bertemu kembali dengan orang tua, sanak saudara, dan kawan lama. Saling bermaafan, berbagi tawa dan canda, melupakan luka dan dosa yg pernah ada. Tradisi yang turun temurun dijalankan, dan mungkin tidak pernah dicap “bid’ah” karena… Continue reading Sinar Jawa