Install windows dari hard disk

Setelah beberapa minggu liburan, rasanya kangen juga sama LPSI (labprog sistem informasi-ITS) tercinta. Sudah lama g berduaan dengan komputer kesayanganku. Selama liburan ternyata dah banyak yang berubah di lab, terutama di kompie-ku. Tapi sayangny kompie-ku sedang bermasalah………

  • Virus menyebar dimana-mana
  • Anti virus-pun g berfungsi
  • Control panel g respond sama sekali, malah kadang2 g bisa dibuka
  • Registry erorr… huhhh……..
  • Banyak pesan-pesan aneh n g jelas yg mucul saat login

Langkah pertama yg kulakukan adalah restore setting windows. Sambil berdo’a n berharap g install ulang (males soale) ehhhh nyata ternyata kompie-ku malah hang ?????

Terpaksa menggunakan jurus sakti, dengan menggunakan kekuatan jari telunjuku kupencet tombol reset. Hehehe…….

Kucoba sekali lagi untuk restore, kali ini ada harapan karena aku berhasil milih tanggal check point buat restore. Setelah milih n klik next terus nunggu sampe proses restore slese…….

Wah sepertinya dia (kompie) akan kembali normal. Tapi eh tetep aja sakit L

Jadi terpaksa install ulang. Karena di kompie-ku g ada cd ROM n sejenisnya jd harus install dari hard disk. Ok mari kita mulai instalasinya

  1. copy dulu file ISO windows atau semua file yang ada di CD windows (inget jgn peke windows bajakan 🙂). Karena di ITS sdh punya lisensi dengan beberapa produk Microsoft jd seperti di lab ya tinggal make aja.
  2. file iso nya harus di copy ke drive selain drive windows atau drive tujuan instalasi. Pada kasus ini kompie-ku ada 4 partisi. Karena windows-ku di install di drive d jd file iso-nya ku copy ke drive e. Ekstrak semua isi dari file ISO. Klo ngopy-nya langsung dr CD g perlu di ekstrak lg.
  3. kemudian jalan file setupnya n pilih install windows klik next
  4. pada installation type secara default pilihanny adalah upgrade, karena pengenny install ya pilih new installation kemudian klik next n ikuti semua langkah yang ada.Installation type
  5. setelah ketemu wizard setup option seperti gambar di bawah ini, klik advanced optionssetup option
  6. pada advanced option klik pilihan “I want to …….” Seperti gambar ini3.jpg
  7. setelah itu ikuti semua wizard-nya karena setelah ini g ada setting yg perlu diubah jd klik next aja sampe ketemu finish.
  8. setelah slese windows akan reboot secara otomatis. Pas reboot nanti sebelum masuk windows akan ada dua pilihan windows, yaitu windows lama n windows utk instalasi baru. Secara default yg terpilih adalah pilihan yg kedua.
  9. setelah masuk pada mode instalasi akan ada pilihan untuk memperbaiki windows yang lama. Karena aku pengen install ulang semua jd kuabaikan pilihan ini.
  10. untuk melakukan instalasi baru partisi yang lama harus di format ulang g boleh langsung di-install karena nnti windows-ny akan numpuk (ada 2 win)
  11. untuk memformatnya partisi yg lama harus di delete dulu. Klo partisiny g mau di delete bisa di pastikan klo partisi tempat kita ngopy file iso sebelemunya td space-ny kurang.
  12. klo itu terjadi instalasinya di-cancel aja n kembali dulu ke windows yang lama dan pindahin file-file yg diekstrak dr iso td ke drive lain yg punya space lebih gede. Hbs itu ulangi lagi langkah no 3.
  13. klo g ada masalah saat format partisi, instalasi bisa dilanjutkan seperti instalasi windows biasanya.
  14. slese dah

alhamdulillah akhirnya kompie-ku sdh sehat lagi 🙂

Vote on my polls: Ingin tahu?

8 thoughts on “Install windows dari hard disk

  1. hmm.. w punya masalah yg sama… penyebabnya virus cara restorepun ude dilakuin bahkan cara ini ud w coba sblm baca n cari tw di internet… masalahnya ketika reboot dan pilih pilihan ke2 windowsnya blank… cmn ada tanda> _ <kedip² _ _ _ dugh dtungguin gk kelar²… di coba pilihn upgrade jg sm hasil akhirnya _ _ _ ada yg tw penyelesaiannya?¿:(
    plz… buntu nigh… SPEK:
    MOBO: ENPC EN900
    PRCS: INTEL P-D 2.8 GHZ 2X
    HDD : SATA 160GB
    RAM : DDR2 512MB

    sblmnya w ude coba install cara lama(lwt CD/DVD) karena w punya 2 drive dvd karena cara lama gk bisa² gr² error di tengah² sewaktu pengopian yh.. pk cara install lwt hardisk… ap ini gr² HDD w sata. ap gk ada cara mudah nyelesainnya… karena di situs tetangga caranya rebet…

    1. hmm knp ya?? sepertinya bukan gara2 HD ny sata, soalnya pas nyoba cara di atas HD ku juga sata n berhasil. mungkin file ISO nya yg bermasalah

  2. alternatif laen bisa kopi file2 ke partisi HD yang memiliki sistem FAT32, boot dari dos dan jalankan setup dari situ dhan😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s