K P (Kurang Pekerjaan) (1)

Assalamulaikum…

Apa kabar semua?? Apa kabar blog-ku?? sudah lama aku tidak bersentuhan denganmu(awas pikiran jgn mesum). Akhirnya setelah sekian lama, bisa kembali nulis lagi….

Sang blog : Tumben punya waktu buat nulis lagi di blog ini??
aq : Iy nih, dah kangen pengen nulis lagi…
Sang blog : halahhh…. kangen sm aq apa sm ……..

(Braakkk) Percakapan terhenti…..
Ternyata “Sang blog” dihantam oleh penulisny….hahaha….
Kasar y???

Saya sempat nulis ini karena sesui dengan judulny KP (Kurang Pekerjaan). Karena lagi nganggur, g juga sih… sebenarnya masih ada banyak kerjaaan yang numpuk. Tapi lagi males ngerjainnya, jadiny bermain-main dengan blog ini lagi.

Sebenernya lagi pengen cerita tentang KP (klo yang ini Kerja Praktek) ku. Bulan juni-agustus adalah bulan-bulan KP bagi mahasiswa ITS termasuk yang punya blog ini. Meskipun ada juga beberapa temen yang KP bulan Januari kemaren. Sebut saja Sonif+Yuliana, Dhanika+Yusuf, Andre+Barkah (wuihhh2…suangarr). Tapi bulan-bulan ini yang paling banyak karena di kampus juga lagi musim liburan bukan musim duren.

Dalam musim KP kali ini, diantara temen-temen saya banyak yg melalang buana menjelajah Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke berjajar pulau-pulau……
Kami semuanya sedang menunaikan tugas suci untuk mengerahkan semua kemampuan dan ilmu guna diterapkan secara nyata, berguna, mempunyai kompetensi dan berdaya saing tinggi, serta…(udahh banyak amat) pada perusahaan atau instansi yg jd tempat tujuan KP.

Kami semua mengembara sampai ke pelosok-pelosok, daerah terpencil dan tertinggal (Mang ada perusahaanny disitu???) Ada yang KP di Jakarta (Danu,Pur,Taurisa,Yupit). Di sebelahnya (Bandung) ada cewek2 pemberani, liat aja disini. Kemudian ada juga yang nyasar ke Bontang-Kalimantan:Novi+Vivin (Mau nyari orang tua ya mbak??? Ehh orang utan mksudny). Ada juga yg KP (KP opo liburan iki???) di pulau dewata BALI. Mereka adalah F4 (F4 dr afrika mungkin???) Rifki, Ardi, Ophex, n Tombro.
Yang lebih jauh lagi KP di Sulawesi: Kiki+yeni, desy+aan

Terusss bagaimana dengan KP saya???

Saya juga ikut-ikutan KP biar bs lulus demi mata kuliah yg cuma 1 sks ini. Saya bersama Agyl menunaikan tugas mulia ini di sebuah perusahaan di Surabaya saja. Knp g KP diluar Sby aja??? Mungkin karena orang-orang n perusahaan2 di Sby ini masih baik hati dengan kami, makanya mereka masih mau menerima kami KP di disini (hahaha….).

Kami berdua KP di sebuah perusahaan bernama PGN. Pasti banyak yg g tau kan?? Iy kan g tau? Karena ketika ada yg tanya pada saya “kamu KP dimana?” dan saya jawab di PGN, kebanyakan tidak tau n berpikir “ada y perusahaan dengan nama itu???”. Bahkan dosen koordinator KP saya pun tidak tahu. Wah2 ternyata orang2 ini tidak tahu sepak terjang perusahaan ini di dunia bisnis, hahaha….

PGN = Perusahaan Gas Negara, merupakan perusahaan yang mengatur tentang distribusi gas di negara kita tercinta ini. Singkat cerita perusahaan ini mirip dengan PLN. Tugas utamanya adalah menyalurkan gas, bukan gas emisi kendaraan, bukan juga gas manusia, tetapi gas alam.

Perusahaan-perusahaan seperti Badak, Exxon, Pertamina, hanya bertugas melakukan exploitasi gas saja. Kemudian penyaluran gas-gas tersebut ke industri ataupun rumah tangga diatur dan diawasi oleh PGN. Perusahaan ini mempunyai beberapa cabang yang salah satunya di Surabaya. Kantor PGN berlokasi di jl. Pemuda Sby sebelahnya BII.

Gimana sudah pada tau kan PGN itu apa? Pertama kali saya berkunjung ke perusahaan itu sudah sangat herannn (maklum wong ndeso….). Kantornya sangat mewah, rapi, bersih, orangnya ramah-ramah dan yang pasti tenang. Liat pegawainy aja kelihatan makmur-makmur. Kebanyakan dari mereka sdh punya PDA, merkny pun kebanyakan HP. Wah2 sepertinya benar-benar makmur bekerja disitu.

Kami KP di bagian Sistem dan Teknologi Informasi. Divisi ini berada di lantai 4. Ketika pertama kesitu untuk ngajuin proposal KP, saya agak grogi n bingung juga. Karena waktu itu saya cm sendirian n suasananya itu lho….sepi banget seperti bukan kantor. Klo liat TV ato film kan biasanya suasana kantor itu begitu ramai, banyak orang yang berlalu lalang kebingungan dengan kerjaan mereka. Tp disini beda banget!!

Bagus Fernata, itulah orang yang pertama kali menemui saya ketika mengajukan proposal KP. Orangnya masih muda, lulusan dari PENS-ITS. Pekerjaannya adalah staff IT bagian software. Kami mulai ngobrol tentang prospek dari proposal KP saya ini, kira-kira bisa diterima ato tidak. Kemudian beliau bercerita bahwa untuk melakukan KP disana terutama di bagian IT cukup sulit. Bukan masalah prosedurnya tapi masalah persetujuannya. Karena katanya mas Bagus, dulu pernah ada anak yang KP disitu di bagian IT, tp g jelas kerjaannya. Tidak pernah melaporkan progress KP ny dan yang paling parah laporan KP ny ga ada ditambah lagi pergi tanpa pamit. Itulah yang menyebabkan bagian IT agak sulit menerima mahasiswa KP.

Ketika saya tanyakan apakah anak yang KP tanpa pamit td dr ITS. Mas Bagus ny ga tahu ternyata, karena dia baru kerja 1.5 tahun disitu. Wah perasaan mulai ga enak ini, diterima g ya? Karena yang ngasih keputusan yaitu Pak Kemas masih sibuk telpon, jd akhirnya nunggu ngrobrol2 sama mas Bagus td.

Beliau mulai menjelaskan tentang PGN, divisi2 disitu apa aja, terus kerjaan bagian IT ngapain aja, n msh banyak lagi. Dia juga bilang bahwa PGN itu karyawanny memang sedikit, makanya kantornya kelihatan sepi. Kemudian saatnya tiba, saya dipanggil masuk ke ruang IT untuk bertemu Pak Kemas Kepala divisi IT. Kemudian beliau jg menjelaskan lg tentang masalah persetujuan KP ini. Beliau bilang bahwa memang sudah lama IT-PGN tidak menerima mahasiswa untuk KP dan sedikit sekali yg KP disini sejak kejadian itu. Terakhir kali yg KP disitu adalah mahasiswa stikom.

Mulai gelisah, jantung berdebar-debar, keringat mengalir cukup deras (walahhh…. yg terakhir g). Dengan memberanikan diri saya bertanya. “Gitu ya Pak? Klo mahasiswa dari ITS sdh ada yg pernah KP disini?”. “Kalo di bagian IT sepertinya blm ada, g tau klo di bagian lain.” Kemudian saya tanya lagi, “Klo KP saya ini kira-kira bs ditrima g pak?”. Pak Kemas (mulai mikirrr…sambil senyum2), “Pada dasarnya kami sih bs menerima, sepanjang kamu bs berkomitmen terhadap kerjaanmu dan menjaga komitmen itu.” Akhirnya hati mulai terasa lega, bisa bernafas kembali. Setelah meyakinkan mereka, akhirnya KP kami diterima. Dan minggu depannya disuruh balik lg untuk ngomongin tentang apa yg akan dikerjakan.

Sementara itu dulu laporannya….
Tentang apa yang kami kerjakan disana tunggu posting berikut ny
Sekian dr saya
Wassalm….

4 thoughts on “K P (Kurang Pekerjaan) (1)

  1. Haahahahahah… senengnya.. diapnggil cewek2 tangguh…
    Tapi untung emang tangguh.. soalnya nyampe surabyaa ga muntaber meski selama di bandung kita minum aer keran..heheheh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s