K P (Kurang Pekerjaan) (2)

Bismillah……

Malam ini saya masih berjibaku dengan tugas KP. Berdasarkan posting sebelumnya, maka kali saya ingin berbagi tentang apa yang saya kerjakan selama KP ini. Setelah proposal KP diterima berselang seminggu kemudian saya dan temen KP saya, berangkat lagi meluncur menuju PGN. Suasana di kantor itu masih mirip dengan seminggu sebelumnya.

Dari lobi kami berdua kemudian langsung menuju ke bagian IT di lantai 4. Disana sudah ditunggu oleh Pak Kemas dan Mas Bagus. Kami berempat mulai rapat membicarakan tentang apa yang akan dikerjakan selama KP nanti. Yang paling saya suka adalah ternyata kami disana diberi kebebasan untuk menentukan apa project yang ingin dikerjakan. Tapi pilihan itu tetap disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Jadi mereka tidak langsung ngasih tumpukan berkas-berkas sambil bilang “Pengen KP kan mas??? Ini tugasnya !!! (Brrakkk……)”.

Mungkin karena melihat kami berdua yang sudah tampak kebingungan. Kemudian Mas Bagus mulai menawarkan beberapa alternative project. Yang pertama adalah aplikasi untuk pembayaran langganan gas secara online, baik lewat website maupun lewat mobile. Aplikasi ini nantinya juga harus bias mengingatkan pelanggan jika waktu pembayarannya sudah jatuh tempo. Itu nanti pake database oracle yang terhubung kesemua kantor cabang PGN. Kira-kira seperti itulah penjelasan tentang project yang pertama.

Kepala mulai pusing, mata berkunang-kunang dan perutpun mulai terasa mual…………..

Dari ekspresi kami berdua sepertinya mereka sudah tahu klo aplikasi tersebut sulit untuk dikerjakan apalagi hanya dalam waktu sebulan saja. Kemudian lanjut ke tawaran yang kedua. Dengan perasaan yang masih gundah gulana, kami pun melanjutkan lagi pembicaaraan tantang tawaran yg kedua. Aplikasi yang kedua ini adalah aplikasi untuk manajemen berkas dan data. Singkat cerita aplikasi ini mirip seperti software alfresco.

Klo yang kedua ini sepertinya masih mungkin untuk dikerjakan. Tapi kemudian saya bilang “Selain yang itu ada yang lainnya g mas?”. Kemudian lanjut lagi ke tawaran aplikasi yang ketiga. Aplikasi ini nantinya digunakan di beberapa bagian di perusahaan yang salah satunya adalah bagian keuangan. Sebenarnya mirip dengan aplikasi yang pertama, hanya saja ini diperuntukan bagi perusahaan. Klo yang pertama td kan buat pelanggan dan perusahaan. Aplikasi yang ketiga ini digunakan untuk monitoring pembayaran para pelanggan gas. Sehingga jika ada pelanggan yg nakal telat bayar gas perusahaan bisa tahu dengan cepat.

Namun karena sepertinya perusahaan lebih membutuhkan aplikasi yang ketiga, maka kami berdua menerima tawaran project tersebut. Setelah itu kami juga membicarakan soal waktu pelaksanaan KP dan tempatnya. Kira-kira waktu sebulan yg diajukan sesuai proposal itu sdh cukup apa blm. Klo masalah tempat KP, sebenernya bs saja dikerjakan di sana. Fasilitasny pun cukup lengkap dengan komputer2 yg bagus. Kami sebenernya diperbolehkan untuk KP disana di ruang server lagi. Hanya saja yg ngawasi g ada. Karena divisi IT ternyata sering dinas keluar kota jd jarang ada di kantor. Maka dari itu kami ngerjakan KP ini di kampus tercinta. Yahhhhh kembali lagi ke asal.

Apakah aplikasi yag terakhir td yang akhirnya kami kerjakan??? Ternyata tidak…… seminggu kemudian saya dikasih tahu sama mas Bagus bahwa orang yang membutuhkan aplikasi itu ternyata sudah dipindahtugaskan ke kantor pusat Jakarta. Sehingga ada perubahan project. Perasaan mulai tidak enak, apakah dua aplikasi yang sisa jd pilihan project KP kami???

Alhamdulillah, setelah kesana lagi ternyata bukan dua aplikasi pertama yg diajukan oleh mereka. Aplikasi yang akhirnya kami kerjakan adalah tentang pencatatan tamu dan parkir kendaraan. Karena selama ini di perusahaan itu masih dilakukan secara manual. Lega juga akhirnya setelah slese pulang dari sana. Kemudian saya mulai menyiapkan amunisi dan bala tentara guna persiapan menghadapi KP ini.
Doakan saya semua!!! Semoga KP ini dan KP temen2 saya lainny lancer dan di-ridhoi oleh-Nya. Amin ……

5 thoughts on “K P (Kurang Pekerjaan) (2)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s