Mysql backup and recovery (1)

Setelah kemarin dapet tugas untuk KP (Kerja praktek), ada salah satu bagian dari system yang bias digunakan oleh admin system tersebut untuk memonitoring database. Sehingga dengan menu ini admin dapat mengetahui kondisi table-table dari database, ada mekanisme backup jika ukuran table sudah cukup besar.

Awalnya memang bingung juga, apakah harus buat seperti yang ada di oem (oracle enterprise manager) atau seperti apa??? Setelah bertapa dan berdoa, akhirnya turun wangsit yang memberi petunjuk🙂. Dari system yang kami buat, status database hanya akan menampilkan daftar table beserta keterangan berapa besarnya table tersebut, kpn terakhir kali di update, dan jumlah data pada setiap table. Untuk bagian ini sebenarnya mysql sdh menyediakan fasilitasnya. Fasilitas ini tentunya adalah dalam bentuk query. Berikut ini adalah query yg digunakan untuk menampilkan status dari table-table yang ada di database.

SHOW TABLE STATUS FROM DBNAME

Mau tau hasilny??? Mau g??
Hehehe……
Ini dia hasilnya setelah dimodifikasi dikit tampilannya…

Status table
Status table

Sebenarnya ada banyak kolom yang ditampilkan, sekitar 18 kolom, ada engine, version, row_format, dst.

Sedangkan untuk backup-nya ada dua jenis backup yang dibuat. Pertama istilahnya adalah “full backup” dan yang kedua adalah “special backup”. Klo diliat dari istilahnya sepertinya keren banget, tapi sebenarnya biasa2 saja. Untuk yang full backup ini user akan memilih table-table mana saja yang akan di-backup. Kemudian hasil backup-nya adalah berupa file yang isinya data-data pada table itu. Sedangkan mekanisme backup yang kedua lebih simple dari pada yang tadi. Backup yang kedua ini hanya memindahkan data dari table2 yang sering diakses dan digunakan pada table temp. Kemudian table utamanya dikosongkan isinya.
Karena backup yang kedua lebih mudah ketimbang yang pertama, maka disini hanya akan dibahas bagaimana melakukan backup yang pertama. Output file yang dibuat pada full backup ada tiga pilihan, yaitu berupa file berformat Ms.Excel, CSV, dan SQL.

Untuk CSV dan SQL ini cara yang digunakan sama, yang beda hanya pada ekstensi file outputny saja. Oke sekarang kita mulai saja. Ada dua langkah untuk melakukan backup ini dan menyimpan hasilnya dalam file. Yang pertama dengan query dan cara yang kedua adalah dengan fasilitas mysqldump. Berikut ini adalah perintah yg digunakan dalam mysqldump

mysqldump -option namaDB [namaTable] > namaFile
  • Option-nya ada banyak, untuk lebih jelas bisa dilihat disini.
  • namaDB wajib ada
  • namaTable boleh tidak ada (jika ingin meng-export seluruh isi dan struktur DB)

Contoh cara backup dengan mysqldump adalah seperti gambar di bawah ini.

Perintah di atas bertujuan untuk melakukan export struktur database beserta seluruh isinya(table+data) ke dalam sebuah file bernama db.sql.
Jika anda hanya ingin mengeluarkan datanya saja tanpa struktur database ataupun struktur tablenya maka perintahnya adalah sbb:

Klo contoh di bawah ini untuk meng-export table tertentu saja

File hasil export-nya untuk contoh yang kedua adalah sbb:

Habis di-backup trs gmn caranya untuk mengembalikan data hasil dump ke DB lagi??? (Mikirrrr bentarrr…..(2 hari) lama banget katanya bentarrr???)
Ting tungggg………
Langkah pertama buat dulu DB untuk menampung hasil backupny. Ini contohnya…..

Kemudian export hasil backup td ke DB penampungnya
sintaks untuk restore mirip seperti export

mysql -u root -p dbPenampung < namaFilebackup[/sourcecode]

Sekarang kita lihat hasilny……

Oke setelah satu langkah backup berhasil dilakukan, sekarang kita mencoba untuk melakukannya melalui query. Kira-kira seperti apa caranya dan gmn hasilnya??
Mau tau??
Mau tau g???
Hehehe….. oke tutorial akan segera kembali setelah pesan-pesan berikut ini…..
Zzzzz………….(terkapar kelelahan di depan komputerrr…..)
Tunggu posting selanjutnya…

3 thoughts on “Mysql backup and recovery (1)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s