FRS Semester 7

Tak terasa sudah 7 semester saya belajar di ITS. Waktu sepertinya begitu cepat berlalu. Jika ingat masa-masa dulu, ketika pertama kali masuk ke kampus perjuangan ini. Banyak sekali kenangan yang indah bersama teman-teman seperjuangan (walahh2 kok jadi mimpi). Sekarang sudah mulai banyak hal yang harus dipikirkan, seperti TA (Tugas akhir), terus nanti kalau lulus mau ke mana, mau ngapain? Kalau habis lulus pengen kerja apa sudah siap dengan kemampuan yang pas-pasan kayak gini. Ngerjain tugas2 kuliah n ujian aja kadang-kadang nyontek (jadi malu ketauan) terus nanti kalu kerja mau nyontek siapa??? Kalaupun habis lulus nanti pengen nerusin kuliah lagi, pake duitnya sapa??? Masak minta ortu lagi?? Beasiswa dunk, mungkin ada yang bilang seperti itu. Tapi untuk dapetnya pastinya susah. Gmn g susah, aq bisa masuk ke ITS aja sudah syukur Alhamdulillah. Yahhhh itulah mungkin segelintir permasalahan yang aku pikirkan dan mungkin juga dipikirkan oleh teman-teman ku yang lain.

Mulai semester ini diantara temen-temen 2005 mungkin sudah mulai memasang kuda-kuda untuk menentukan pilihan hidupnya (pilihan bidang minat mksudnya). Di jurusan Sistem Informasi – ITS ini memiliki tiga macam bidang minat, yaitu SPK (Sistem pendukung keputusan), PPSI (Proyek pengembangan sistem informasi), dan E-bisnis. Sekilas cerita tentang bidang minat tersebut, untuk SPK banyak mempelajari tentang hal-hal yang berbau optimasi, peramalan, algoritma, dan keluarganya. Tapi sayang sekali untuk bidang yang satu ini, karena salah satu guru (dosen) terbaiknya telah berpindah haluan. Selanjutnya untuk bidang minat E-bisnis mempelajari tentang bagaimana menggunakan dan memanfatkan teknologi untuk mempercepat, mempermudah, ataupun meningkatkan nilai dari suatu proses bisnis tertentu. Sedangkan untuk bidang minat yang terakhir adalah PPSI yang banyak mempelajari tentang bagaimana mengembangkan sebuah proyek IT dengan baik. Mulai dari tahap perencanaan, desain, koding, implementasi, testing, dan perawatan proyek tersebut. Semuanya harus direncanakan, dianggarkan, dan diawasi pelaksanaannya, sehingga kebutuhan bisnisnya bisa terpenuhi dengan baik.

Nah dari ketiga bidang minat tersebut setelah mengingat, menimbang, dan akhirnya memutuskan insya Allah saya akan memilih bidang minat SPK. Doakan saya y !!! Semoga saya bisa selamat dalam mengarungi dan menempuh pilihan saya tersebut. Amiennn…….

Kenapa kok milih SPK ???? Pertanyaan yang sebenarnya agak susah untuk saya jawab. Tapi mungkin inilah sedikit penjelasan kenapa saya jatuhkan pilihan ke SPK. Alasannya adalah karena saya tidak begitu bisa bidang yang satu ini. Nilai2 untuk mata kuliah yang berhubungan dengan SPK juga pas-pasan. Paling-paling cuma dapat B. Hal itulah yang mungkin membuat saya penasaran dengan bidang yang satu ini. Alasan lainnya mungkin karena mata kuliah pilihan yang ditawarkan untuk bidang ini cukup menantang dan yang pasti ilmunya bagus banget. Klo g percaya coba anda cari aritkel di google dengan keyword “Artificial Intelligence” atau “Computational Intelligence”. Pasti ada jutaan hasilnya. Banyak hal yang dikembangkan dari AI. Riset-risetnya pun juga sangat banyak. Dari data mining misalnya, yang mendasari dikembangkannya web intelligence. Dan masih banyak lagi hal menarik lainnya. Mungkin itulah beberapa hal yang membuat saya memilih SPK sebagai tujuan hidup, walupun sebenernya juga tertarik dan kadang-kadang berpaling ke e-bisnis. heheheee……

FRS di ITS sudah dilakukan seminggu yang lalu. Seperti biasanya dengan fasilitas lab yang seadanya banyak sekali yang berebutan pengen melakukan FRS. Maklum lab yang bisa dipake cuma 1 (g nambah2), itupun g semua komputer bisa dipake. Masalahnya router n DNS di lab lagi ngambek habis mati lampu beberapa minggu yang lalu. N sampe sekarang masih belum sempet benerin. Berikut ini adalah daftar mata kuliah yang saya ambil semester 7 ini.

Sedikit bocoran tentang yang akan ngajar mata kuliah yang saya pilih:

  • Teknologi open source : Mas Raditio (biasa dipanggil mas didit)
  • Suplay chain management: Mahendrawathi Er. ST,MSc.Ph.D.
  • Testing dan implementasi sistem: Bambang Setiawan S.kom, M.T
  • Pengendalian n audit SI : Ir. Aris Tjahyanto, M.Kom
  • Data mining : Prof. Dr.Ir. Arif Djunaidy, M.Sc
  • Sistem pendukung keputusan: Wiwik Anggraeni, S.Si M.Kom
  • Bahasa Indonesia: Mahendrawathi Er. ST,MSc.Ph.D.

FRS dan dosen yang mengajar mungkin bisa berubah setiap saat tergantung kondisi dan situasi. Semester 7 sudah didepan mata, kuliah sudah dimulai lagi minggu ini. Semester baru Semangat baru. Semoga semester ini bisa lebih baik dari yang sebelumnya. Amiennn…..

VIVAT………………

11 thoughts on “FRS Semester 7

  1. PPSI : Perencanaan dan Pengembangan Sistem Informasi

    hidup emang PILIHAN bro!!! enjoy the formula is a must!!!!😀 ( Peace ebiz family and ppsi mania )

    btw, komennya kok kecil banget ya fontnya? iki kompieku ato emang templatenya yang “irit”😀

    Regards,

    Parvian

  2. @kiki
    habis lulus enakny ngapain y??? mungkin cb nyari duit dulu dgn cara yg halal tentunya. sekolah lagi itu mungkin pilihan kedua jika dapet beasiswa.
    klo km mau ngapain??? opo pengen menetap di sulawesi ???

    @lasem
    desbrot ??? wakakakkkkk
    kok dipanggil gitu? emang sudah berapa puluh kilo beratny nambah??? hehehe..
    br tau ternyata desy kerjanya makan aja to disana???
    hahahaaa……

  3. wah wah,, lama kali kau nebak sapa desBrot. desbrot adalah desi gembrot. itu panggilan kesayangan kita( q m yeni) ke desy, he3…

  4. Assalamu’alaikum
    Woiiii bang Andi, wah2 ternyata kamu sudah gedhe ya, nak!🙂 wakakaka
    sukses buat Kuliahnya.
    Peace, ojo sering2 nggoda aku ya. hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s