Ext JS to Sencha

Bagi para developer web application pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya ExtJS. Salah satu framework JavaScript yang cukup handal. Saya sendiri sudah beberapa kali memanfaatkan teknologi ExtJS dan memang cukup lengkap library yang ditawarkan. Kemaren pas iseng2 browsing nyari2 website-nya ExtJS kok ga ada, ternyata eh ternyata namanya sudah berubah menjadi Sencha.

Apa itu Sencha??? Informasi dari website-nya menyebutkan bahwa Sencha ini merupakan project baru yang menggabungkan antara jQTouch dan Raphaël projects. Nama Sencha itu  sendiri diambil dari nama teh hijau Jepang yang dibuat tanpa proses penggilingan. Jika ingin tahu lebih jauh tentang teh yang bernama Sencha ini bisa dilihat di wikipedia.

Ext JS + jQTouch + Raphaël = Sencha

jQTouch sendiri adalah plugin jQuery untuk develop web aplikasi di iPhone, iPod Touch dkk. Sedangkan Raphaël merupakan library JS sederhana yang biasa digunakan untuk membuat grafik verktor pada web. Dengan adanya penggabungan ini pastinya akan membuat framework yang dulunya bernama ExtJS ini semakin powerful. Saya sendiri belum sempat mencoba fitur baru yang mereka tawarkan yaitu Sencha Touch karena iPhone tak punya iPad pun tak ada😀. Fitur baru ini menawarkan framework HTML5 untuk aplikasi mobile. Bagi yang ingin mencoba bisa langsung menuju ke TKP.

Image was grabbed from http://www.sencha.com

3 thoughts on “Ext JS to Sencha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s