Faceboook Segera Ditutup ???

Wow.. mendengar berita ini pasti banyak orang akan terkejut. Pasti banyak yang akan kecewa jika ini benar-benar terealisasi. Menurut berita dari weeklyworldnews.com, pendiri Facebook Mark Zuckerberg menyatakan bahwa Facebook sudah berjalan tak terkontrol. Sehingga jalan yang diambilnya untuk menyelesaikan masalah ini adalah dengan menutup situs pertemanan FB. Dia sendiri tidak terlalu khawatir tentang dampak yang ditimbulkan dari penutupan ini. Karena menurutnya ini merupakan langkah yang lebih baik. Tanpa Facebook orang-orang akan pergi keluar dan membuat pertemanan yang sebenarnya di dunia nyata.

Langkah ini memang tidak umum untuk sebagian besar orang, khususnya bagi yang memiliki akun ataupun kepentingan dengan Facebook. Bagaimana tidak, hampir setiap saat dunia ini sudah dibiasakan dengan Facebook untuk hampir sebagian besar aktifitas yang dilakukan oleh manusia. Mark Zuckerberg sendiri merasa tertekan mengelola perusahaan ini. Perusahaan yang bermula dari kampus, terkenal dan menghasilkan banyak uang, user yang beratus-ratus, tapi akan segera mampus. Sebuah perusahaan sosial media yang seharusnya bisa membuat para pemilik dan pegawainya menjadi manusia dengan tingkat sosial tinggi. Sehingga mereka bisa memiliki kehidupan sosial kemasyarakatan yang baik di dunia nyata. Tetapi yang terjadi malah sebaliknya, Zuckerberg merasa bahwa perusahaan yang dirintisnya itu telah menghancurkan hidupnya. Sampai-sampai dia mengatakan “I don’t care about the money,” said Zuckerberg. “I just want my old life back.” Lihatlah betapa merananya kondisi jutawan muda ini.

Seiring dengan pemberitaan ini, muncul petisi online yang digalang untuk menyelamatkan FACEBOOK. Sampai tulisan ini ditulis sudah ada 31464 yang meneken petisi tersebut. Angka tersebut masih mungkin akan bertambah, mengingat ada hampir 500 juta user yang aktif. Isi petisi tersebut bisa dilihat di http://www.petitiononline.com/saveFB11/petition.html (cekidot). Kalau saya baca sekilas, isinya tentang keluhan-keluhan bagaimana jika Facebook jadi ditutup. “We can’t imagine life without Facebook!” Peryantaan ini menggambarkan bagaimana tergantungnya orang akan Facebook. Bagi yang punya akun FB, segeralah selamatkan foto-foto yang anda upload kesana. Karena riwayat FB mungkin tidak akan lama lagi segera berakhir.
Sudah mulai panik??? Hehehe, tenang-tenang berita tersebut ternyata hanyalah hoax belaka alias palsu. Setelah saya cek ulang ke
berbagai sumber ternyata berita tentang penutupan Facebook ini hanyalah sensai belaka. Jadi tidak perlu khawatir bahwa anda tidak akan bisa lagi melihat dan mengingat kembali momen-momen bahagia melalui foto-foto di FB anda. Namun memang tidak dapat dipungkiri lagi bahwa sosial media seperti Facebook telah mengalihkan dunia kita. Teknologi telah berhasil mendekatkan yang jauh, tetapi juga sekaligus menjauhkan yang dekat. FB telah menjadi bagian penting bagi sebagian orang yang menggunakannya. Hampir setiap hari, setiap saat sibuk alias “sithik-sithik facebook” (sedikit-sedikit facebook). Kebiasaan baru, hobi baru yang rutin dilakukan oleh pengguna FB mungkin bisa membuatnya tergantung pada barang yang satu ini. Sehingga mungkin saja dapat mempengaruhi kebiasaan dan kepribadian seseorang, khususnya dalam hal bersosialisasi. Memang ada dampak positif dan negatif dengan adanya Facebook. Namun memang yang paling terasa adalah dampak negatifnya. Paling tidak itulah yang sering kali diberitakan oleh media-media beberapa waktu lalu. Nilai sosial kemasyarakatan sudah semakin terkikis sedikit demi sedikit. Orang lebih senang mengumpulkan dukungan lewat sosial media, dari pada langsung bertatap muka (sakit mungkin klo mukanya saling ditatapkan, hehe). Orang lebih senang bercengkrama dengan gadget mereka daripada berbicara atau berkenalan dengan orang-orang baru didekatnya, sekalipun hanya untuk bertegur sapa. Bahkan keputusan pemimpin bisa berubah oleh sebuah gerakan melalui media yang mungkin saja belum tentu nyata maksudnya. Semoga kita menjadi manusia yang lebih sosial khususnya dalam dunia nyata
dengan ataupun tanpa FB.

jangan sampai ketergantunganmu terhadap sesuatu, membuatmu lupa untuk tetap menggantungkan dirimu pada Tuhan. (nasihat untukku sendiri yang sering kali lupa)

Source :

http://weeklyworldnews.com/headlines/27321/facebook-will-end-on-march-15th/
http://www.computerworld.com/s/article/9204298/Fear_not._Facebook_isn_t_shutting_down
http://www.blogtechnical.com/286/facebook-shut-down-hoax-spreads-like-fire.bt

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s