Polling atau voting?

Apa bedanya Polling dan Voting ? Keduanya adalah istilah akhir-akhir ini sering muncul di berbagai media. Walaupun artinya hampir sama yaitu pemilihan atau pemungutan suara, tapi penggunaannya berbeda. Setelah saya cari-cari referensi ternyata perbedaannya adalah pada metode/proses pengambilan suara, partisipan/responden dan tujuannya. Kalau Polling metode pengambilan suaranya bisa melalui telepon, internet, atau media lain. Segmentasi partisipan lebih banyak dan lebih luas. Misalnya adalah orang dengan latar pendidikan SMA dsb. Tetapi jumlah respondennya hanya diambil beberapa saja yang tujuannya sebagai sampling atas jawaban dari pertanyaan tertentu, sehingga bisa dibentuk sebuah pola untuk mengambil kesimpulan tertentu.

Sedangkan untuk voting, metode pengambilan suaranya biasanya menggunakan kartu suara dalam voting tertutup dan penghitungan langsung dalam voting terbuka. Partisipan dari voting hanya pada kalangan tertentu saja yang mempunyai hak suara. Misalnya voting untuk persetujuan pembagunan gedung DPR, maka partisipannya sudah pasti anggota DPR. Tujuan voting lebih spesifik dibandingkan dengan polling, yaitu untuk mengambil keputusan tertentu yang tidak bisa dilakukan melalui musyawarah.

Posting tentang perbedaan polling dan voting ini sebenarnya adalah prolog dari halaman baru blog ini, ingin tahu?. Pada halaman tersebut rencananya akan saya isi dengan polling dengan berbagai topik. Polling pertama yang saya buat adalah tentang topik terhangat minggu ini. Final liga champions antara Barcelona VS MU. Untuk ikut berpartisipasi silahkan saja klik halaman ingin tahu?.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s