Belajar bahasa inggris yuk…

listening

Belajar bahasa apapun itu memang tidak bisa instan, semuanya bertahap begitu juga dengan bahasa inggris. Tapi yang paling penting adalah masalah frekuensi belajarnya. Semakin sering kita menggunakannya, semakin mahir pula kemampuan yang didapat. Saya sendiri bahasa inggrisnya juga ga bagus-bagus amat, masih kurang malahan. Untuk belajar bahasa saya rasa jauh lebih mudah dari pada belajar pelajaran lainnya, karena belajar bahasa bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Selain itu banyak sumber belajar disekitar kita, misalnya radio, tv, koran, dll.

Salah satu bagian yang sulit dalam bahasa inggris mungkin adalah listening dan speaking. Bener ga?? Kalau saya yg ga bisa ini ya sulit semua, hehe3. Apalagi kalau pas tes TOEFL atau lainnya, haduhh pasti berlagak diam berkonsentrasi tingkat tinggi, padahal aslinya ga ngerti😀. Menurut pandangan saya dua skill tersebut terasa sulit mungkin karena keduanya membuat kita harus lebih aktif dan interaktif. Bukan hanya sekedar hafal saja, tapi juga membuat kita harus berpikir ulang mengenai maksud apa yg kita dengar atau maksud yang ingin kita sampaikan.

Ok sekarang mari belajar listening dulu. Listening sebenarnya bisa dilatih secara mandiri, misalnya dengan cara mendengarkan lagu, podcast, atau nonton film. Ada banyak sumber di internet yang bisa di download dengan gratis alias ga mbayar, ga pake beli. Ini ada beberapa link yang bisa kalian gunakan untuk belajar bahasa inggris, khususnya untuk listening. Sebenarnya ada banyak sumber-sumber lainnya yg bisa kalian cari sendiri lewat si “mbah” google. Tapi shortlist link menurut saya jauh lebih ini terpercaya. Materi-materinya up to date, jumlahnya banyak, dan yang paling penting gratis semua. Walaupun mungkin ada beberapa podcast BBC yg restricted hanya untuk UK saja.

Kebanyakan link-link di atas memang UK punya dan pastinya dengan logat british-nya, karena saya sendiri lebih suka dengerin yang english british dari pada yang american, he3. Kalau sumber yang bagus dari US dengan logat american ya cuma satu itu saja dari VOA. Sumber belajar dari UK itu lebih variatif dalam hal aksen. Tidak cuma british melulu ada juga beberapa podcast yang disampaikan dengan aksen prancis, italy, rusia, bahkan aksen asia seperti jepang atau cina. Mungkin ada dari kalian yang nemu sumber belajar yang bagus lainnya bisa di-share juga disini. Sekian dulu, selamat belajar, selamat mendengar, semoga bermanfaat.

num_fields

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s