Apa yang dicari dari Palestina?

Ada apa sebenarnya di Palestina itu? Sudah hampir ratusan tahun, bahkan mungkin sebelum terbentuknya negara Israel, sering sekali terjadi konflik. Saya pernah dengar bahwa konflik ini terkait dengan masalah agama, “the promise land”. Benarkah itu alasan Israel dan Palestina selalu konflik? Saya sendiri tidak tahu secara pasti. Namun kelihatannya konflik yang berkepanjangan itu bukan lagi soal agama tapi sudah menjadi masalah kemanusiaan. Barusan baca berita, PBB telah mengakui Palestina sebagai negara. Tapi pasti banyak ragu juga, apakah dengan pengakuan ini akan menyelesaikan konflik?

Lalu apa solusinya? Kalau saya, jikalau mungkin, lebih baik semua rakyat Palestina itu dipindahkan saja ke Indonesia. Disini kan masih banyak pulau-pulau kosong tak berpenghuni. Tanah disini juga lebih subur, kalau perlu dijadikan propinsi baru saja😀. Biarkan saja Israel menguasai tanah yang selalu ingin mereka kuasai. Tapi ada syaratnya, Israel tidak boleh menyentuh (merusak) masjid Al-Aqsa dan tetap mengijinkan umat muslim mengunjungi dan menggunakannya dengan mudah.

Entah sampai kapan konflik terjadi, cuma Tuhan yang tahu. Setiap kali terjadi perang, pasti banyak umat muslim yang menyerukan dukungan dan doa untuk Palestina. Disisi lain, pasti Amerika dan sekutunya dukung Israel. Sudah seberapa jauh sih kita kenal dengan Palestina itu? Dukungan yang diserukan untuk mereka biasanya karena beralasan bahwa mereka adalah saudara seiman. Kalau melihat jauh kebelakang lagi, apakah mereka benar-benar berasal dari tanah itu? Atau mungkin mereka berasal dari tempat lain yang kemudian menetap disana? Mungkin video diskusi di bawah ini dapat membatu kita untuk memahami siapa sebenarnya Palestina dan apa yang dicari dari tempat itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s