Haruskah aku punya akun FB??

Bisa dibilang saya ini ndeso atau kuper (kurang pergaulan). Dulu sekolah agak IT terus sempat kerja juga di bidang yang sama, tapi sampai sekarang ga punya akun FB. Ndeso kan.. hehe… Akun twitter juga ga punya, punya G+ itu juga karena bawaan default dari si Gmail. Ada sih akun di linkedin tapi ya jarang dibuka. Dulu akhirnya bikin akun di linkedin karena banyak email invitation yang masuk. Jadi bukan atas inisiatif atau itusiatif diri sendiri😀. Pertanyaan di atas muncul karena beberapa teman membujuk saya agar punya akun FB. Ada yang bilang itu adalah salah satu prasyarat untuk jadi anggota di organisasi tertentu (aneh banget syaratnya :D). Lalu guruku juga menyarankan aku punya akun FB juga. Katanya untuk sharing poto-poto terkait tugas dan sejenisnya. Sekalipun banyak desakan dan rayuan untuk bikin akun FB, sampai saat ini masih belum terbujuk😀. Ga tau kalau besok hehe……

Apakah aku ini anti sosial? Atau termasuk orang yang introvert? Kalau tidak punya akun di media sosial terus dianggap anti sosial juga kurang pas sih menurutku. Karena sebenernya saya sendiri juga suka main bareng teman, jalan-jalan bareng, dan lain-lain yang bisa dilakukan bareng2😀. Saya lebih suka ketemu langsung untuk bersosialisasi. Sosialisasi itu lebih dari sekedar komunikasi dan bertukar informasi. Entah kenapa saya merasa media-media sosial itu hanya sekedar alat untuk komunikasi dan bertukar informasi saja. Memang sih bisa saling kirim poto, video, tapi tetap aja rasanya beda.

Lalu, apa saya ini tidak mau berbagi informasi, cerita, poto, dsb? Bukan tidak mau, hanya saja saya terkadang tidak begitu yakin dengan apa yang akan saya bagikan itu. Entah kenapa sekarang ini banyak yang suka berbagi. Tiba-tiba kirim link, kirim poto, dsb. Baru baca judulnya aja langsung share, terus pada banyak yang komentar. Kalaupun ada informasi yang saya bagikan melalui blog ini, setidaknya saya mencobanya lebih dulu (misalnya tutorial) atau mencari tahu lebih dulu asal infonya dari mana, sehingga sayapun juga paham mengenai apa yang saya bagikan itu.

Lebih aneh lagi adalah ketika orang tidak punya akun FB, maka dianggap sebagai psychopath seperti anggapan beberapa pskiater di artikel ini. Teori dari mana pula itu. Lalu apa alasan saya tidak punya akun FB? Karena saya tidak terlalu percaya dengan mereka. Mungkin artikel panjang dari Richard Stallman berikut ini bisa menjelaskan hal tersebut.

2 thoughts on “Haruskah aku punya akun FB??

  1. hidup mu jauh lebih effisien tanpa facebook ndi. Saya setuju kalau kehadiran dalam sosialisasi memang tak bisa digantikan oleh facebook. Buat saya pribadi, FB itu cuman TOPENG dan hiburan dikala ndak ada teman sosialisasi secara nyata. hahaha……..

Leave a Reply

