Sudahkah anda tertawa hari ini?

ayo ngguyu

Mungkin kalau itu pertanyaannya jawabnya sudah. Entah karena hal-hal sepele ataupun karena sesuatu yang menggembirakan hati. Banyak yang bilang tertawa bisa menghilangkan stress. Tertawa juga menjadi salah satu tanda bahwa kita sedang bahagia. Tapi kalau kebanyakan tertawa sendiri bisa jadi tanda kalau sudah mulai gila.. haha… Segera periksa jika hal ini terjadi dengan anda๐Ÿ˜€.

Teringat kala duluย diย kelas bahasa Korea. Waktu itu sedang pelajaran listening di siang hari, topik yang dibahas adalah tentang tertawa. Ada dua sesi listening yang diperdengarkan waktu itu yang keduanya adalah program radio, salah satunya membahas tentangย anjuran untuk tertawa. Sudah jamak rasanya, bahwa tingkat stress di negara maju sangat tinggi, termasuk di Korea. Disini orang begitu gila dengan kerja dan kesibukan yang bermacam-macam. Hal yang sama juga saya rasakan sendiri waktu itu, dimana saya yang cupu ini merasa kaget dengan budaya, adat, dan kebiasaan disini. Tuntutan yang harus dicapai begitu tinggi dengan waktu belajar yang singkat. Bayangkan orang yang tidak pernah tahu tentang laut itu seperti apa, tiba-tiba disuruh nyebur dan berenang menuju daratan.

Banyak diantara teman-teman saya yang di awal-awal berusaha mengikuti gaya hidup, gaya belajar, dan ritme orang sini. Mereka bawa buku kemana-mana, belajar di perpustakaan sampai larut bahkan nginep disana saat menjelang ujian. Namun, tidak banyak yang berhasil saya lihat. Di kelas jadi ngantuk dan tambah capek. Sudah terbayang kan betapa stress-nya kehidupan dsini. Karena itu wajar saja jika ada banyak acara-acara hiburan disini, toh walaupun begitu orang sini tidak sempat nonton. haha.

Walah.. jadi kepanjangan prolognya๐Ÿ˜€. Kembali ke topik bahasan sebelumnya, acara radio yang diperdengarkan waktu itu menganjurkan kita untuk tertawa dalam berbagai situasi. Kalau saya rangkum, berikut ini anjurannya:

  1. ํฌ๊ฒŒ ์›ƒ์–ด๋ผ tertawa terbahak-bahak
  2. ์–ต์ง€๋กœ๋ผ๋„ ์›ƒ์–ด๋ผ tertawa sekalipun terpaksa
  3. ์ผ์–ด๋‚˜์ž๋งˆ์ž ์›ƒ์–ด๋ผ tertawa seketika bangun tidur
  4. ์‹œ๊ฐ„์„ ์ •ํ•ด ๋†“๊ณ  ์›ƒ์–ด๋ผ tertawa di waktu
  5. ๋งˆ์Œ๊นŒ์ง€ ์›ƒ์–ด๋ผ tertawa bahagia dengan hati
  6. ์ฆ๊ฑฐ์šด ์ƒ๊ฐ์„ ํ•˜๋ฉฐ ์›ƒ์–ด๋ผ tertawa ketika memikirkan hal-hal yang menyenangkan
  7. ํ•จ๊ป˜ ์›ƒ์–ด๋ผ tertawa bersama
  8. ํž˜๋“ค๋•Œ ๋” ์›ƒ์–ด๋ผ tertawa disaat susah
  9. ํ•œ๋ฒˆ ์›ƒ๊ณ  ๋˜ ์›ƒ์–ด๋ผ tertawa sekali lalu tertawalah lagi
  10. ๊ฟˆ์„ ์ด๋ค˜์„ ๋•Œ๋ฅผ ์ƒ์ƒํ•˜๋ฉฐ ์›ƒ์–ด๋ผ banyangkan ketika mimpimu tercapai dan tertawalah

Jadi teringat seorang kawan dari Zimbabwe, Ramson namanya. Orang yang penuh senyum dan tawa. Tiap kali menyapa ataupun berbicara selalu diakhiri dengan tawa, meskipun kadang bukan hal yang lucu. Tapi karena dia tertawa yang lain pun akhirnya jadi ikutan tertawa. haha

R: “Helloooo… Andyyy…. how’re you doing hahaha… ”
Me: “Well done.. have you had your dinner?”
R: “Ahh… So you just came back from dinner? I even dont know what to eat hahaha…”

That’s piece of our chatter.

Saya rasa, kita tidak akan ikutan stress dengan lingkungan yang serba menuntut seperti sekarang ini, kalau kita paham ritme diri sendiri. Kemudian tidak hanyut dengan ritme lingkungan sekitar. Jauh sebelum acara hiburan yang marak sekarang ini, mulai dari talk show sampai stand up comedy, masyarakat Indonesia sudah begitu kreatif mengemas berbagai acara yang dibungkus dengan komedi. Ada wayang, ketoprak, ludruk, dll. Penyanyi legendaris Waljinah pun juga sudah lama menganjurkan dan mengajak tertawa tapi mengingatkan kita untuk tetap dalam kendali dan batas.

Kembang turi yo mas tibo lemah
Mlebu omah ojo karo mlayu..
Seneng ati yo mas ojo susah..
Timbang susah ayo podo ngguyu..

Ayo ngguyu.. hahaha..
ngguyu meneh haha…
Yen ngguyu lak ojo seru-seru…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s