Dibalik pencarian

Empat bulan lamanya, mungkin lebih, saya bergelut dengan makalah ilmiah (paper, journal, thesis). Terkadang jemari ini begitu lincah menekan keyboard bahkan kadang tanpa memandangnya. Ide untuk menulis bisa muncul dimana-mana, bahkan ketika sedang semedi di kamar mandi. Sampai kebawa waktu ibadah atau tiba-tiba muncul di alam mimpi. Ketika buntu, inspirasi pun bisa dicari melalui mesin… Continue reading Dibalik pencarian

Perlukah Hari Santri?

Tiga bulan lamanya saya tidak menulis di blog ini. Alasan klasik, sibuk, penyebabnya hehe. Banyak ide menulis yang akhirnya hanya menguap karena tidak pernah saya tuangkan bahkan dalam coretan buku catatan. Hari ini saya tergelitik untuk kembali menulis setelah pagi tadi secara sembrono saya buka website berita di Indonesia. Saya sudah lama tidak membaca secara… Continue reading Perlukah Hari Santri?

Lebaran sendiri

Hari ini tiba-tiba dapat pemberitahuan dari wordpress klo traffic blog ini sedang naik. Tak biasanya blog ini banyak dikunjungi. Karena ya memang ga terkenal dan isinya banyak yang ga penting juga haha. Setelah buka statistiknya, ternyata banyak yang mengunjugi post tentang hari raya. Tak terasa memang, sudah di penghujung bulan ramadhan dan sudah mau hari… Continue reading Lebaran sendiri

Apa itu riya?

Mungkin sering dengar kata riya, tapi susah juga terkadang menghindarinya. Lalu apa itu riya? Cari sendiri kalau pengen tahu definisinya secara bahasa, istilah ataupun yang lainnya :D. (aslinya saya sendiri juga tidak tahu, hehe..). Namun kemarin saya mendapatkan pemahaman baru tentang apa itu riya. Saya mendapatkannya sewaktu nonton salah satu video pengajian di youtube. Disini… Continue reading Apa itu riya?

Idul Adha di tanah rantau

Untuk pertama kalinya merayakan hari raya di negeri lain. Rasanya baru kemarin idul fitri, sudah disambut dengan hari raya idul adha. Masih terasa aneh. Malam hari raya biasanya ramai terdengar suara takbir dari berbagai tempat. Terkadang ada juga yang sambil berkeliling. Namun malam itu hanya sepi berlalu. Mau bikin acara takbiran sendiri juga susah. Tumpukan-tumpukan… Continue reading Idul Adha di tanah rantau

Selamat hari raya idul fitri

Tak terasa sudah idul fitri lagi. Hari ini 1 syawal 1434 H, bertepatan dengan 8-8-2013, umat islam merayakan hari nan fitri. Waktu berlalu begitu cepat rasanya. Pastinya banyak noda dan dosa yang saya perbuat baik melalui lisan ataupun tulisan, khususnya yang ada di blog ini. Jikalau ada hal-hal yang tidak pantas, kurang berkenan, salah tulis,… Continue reading Selamat hari raya idul fitri